Selasa, 13 Desember 2011

teologi tradisi sunni

Beberapa ulama Islam menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang mereka merasa tidak eksplisit menjawab dalam Al-Qur'an, terutama pertanyaan yang berkaitan dengan conundra filosofis seperti sifat Allah , keberadaan manusia kehendak bebas , atau keberadaan kekal dari Al Qur'an. Berbagai sekolah dari teologi dan filsafat dikembangkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, masing-masing mengaku benar Al-Qur'an dan tradisi Islam (sunnah). Di antara Sunni, berikut ini adalah tradisi-tradisi dominan, namun keyakinan kunci dari Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah `a yang didirikan atas risalah aqidah oleh Imam al-Tahawi:
  • Athari (Arab: أثري), atau "textualism", berasal dari kata Arab Athar, secara harfiah berarti "sisa", dan juga mengacu pada "riwayat". Murid-murid mereka disebut Atharis tersebut. Para Atharis dianggap salah satu dari tiga sekolah Sunni Aqidah : Athari, Ashari, dan Maturidi.
    • Metodologi penafsiran tekstual Athari adalah untuk menghindari menggali spekulasi teologis yang luas. Mereka percaya pada Allah dan atribut-Nya dengan cara yang tepat bahwa mereka disebutkan dalam Al-Qur'an, Sunnah, dan oleh para sahabat. Mereka tidak berusaha untuk lebih menafsirkan teks-teks tersebut dengan memberikan makna literal seperti di Ẓāhirīya (literalisme) atau Tashbih (simile atau menyerupakan), atau melalui tahrif (distorsi), atau ta `Weel (alegori atau metafora), atau 'ta teel (penolakan). Mereka menghindari masuk ke dalam diskusi filosofis rasional hal yang berkaitan dengan keyakinan Islam yang tidak didukung oleh Al-Quran, Sunnah atau pemahaman para sahabat dengan kata-kata tertentu, melainkan, diskusi dan presentasi dari keyakinan berkisar seluruhnya sekitar bukti tekstual yang ditemukan dalam tiga sumber utama, sambil tetap berhati-hati untuk menghindari mengambil jalur Ẓāhirīs (literalis) baik. Para Atharis percaya ini menjadi metodologi dianut oleh tiga generasi pertama dari umat Islam (yaitu Salaf ), sehingga membuat sekolah Sunni Aqidah yang mereka percaya adalah mengikuti kebenaran dan mempertahankan jalan tengah seimbang Islam.
Karena penekanan dari sekolah pemikiran Hanbali pada textualism, Muslim yang Hambali biasanya lebih suka metodologi Athari dalam Aqidah. Namun, tidak eksklusif Atharis Hambali, banyak Muslim dari sekolah lain pemikiran mematuhi sekolah Athari dari Aqidah juga.
Para Atharis juga kadang-kadang disebut Salafi . Dan sistem teologis mereka Aqidah sebagian besar waktu yang disebut al-salaf Aqidat (atau lebih sedikit kesempatan: Aqidat As-hab al-Hadits).
  • Asy'ari , didirikan oleh Abu al-Hasan al-Asy'ari (873-935). Sistem teologis Aqidah yang dianut oleh banyak sarjana Muslim seperti Imam al-Ghazali . [17]
    • Teologi Asy'ari menekankan wahyu ilahi atas akal manusia. Berbeda dengan Mu'tazilah, mereka mengatakan bahwa etika tidak dapat berasal dari akal manusia, tapi itu perintah Allah, sebagaimana terungkap dalam Qur'an dan Sunnah (praktek Muhammad dan para sahabatnya seperti yang tercatat dalam tradisi, atau hadits ) , adalah satu-satunya sumber semua moralitas dan etika.
    • Mengenai sifat Allah dan atribut ilahi, Asy'ari menolak Mu'tazilah posisi bahwa semua referensi Alquran kepada Allah sebagai memiliki atribut fisik tidak metafora. [18] Para Ash'aris bersikeras bahwa atribut-atribut adalah sebagai mereka "terbaik pantas dia"; bahasa Arab adalah bahasa yang luas di mana satu kata bisa memiliki arti yang berbeda 15, sehingga Anda strategi mereka adalah untuk menemukan makna terbaik yang layaknya Allah dan bahwa Al Qur'an tidak bertentangan. Oleh karena itu ketika Allah menyatakan dalam Al Qur'an, "Dia yang tidak menyerupai penciptaan ini," ini jelas berarti Allah tidak dapat dikaitkan dengan bagian tubuh karena ia menciptakan bagian-bagian tubuh. Ini adalah salah satu cara yang membedakan ini Muslim dari kebanyakan orang Kristen dan Yahudi.
    • Ash'aris cenderung stres ilahi kemahakuasaan atas kehendak bebas manusia.
    • Ash'aris percaya bahwa Al Qur'an adalah kekal dan tidak diciptakan.
  • Maturidi , yang didirikan oleh Abu Mansur al Maturidi- (meninggal 944). Maturidiyyah adalah tradisi minoritas sampai diterima oleh Turki suku-suku Asia Tengah (sebelumnya mereka telah Asy'ari dan pengikut Syafi'i 'i sekolah, [ kutipan diperlukan ] itu hanya kemudian migrasi ke Anatolia bahwa mereka menjadi Hanafi dan pengikut kredo Maturidi [ kutipan diperlukan ]). Salah satu suku, Turki Seljuk , bermigrasi ke Turki , di mana kemudian Kekaisaran Ottoman didirikan. [19] sekolah mereka disukai hukum mencapai keunggulan baru di seluruh kekaisaran keseluruhan mereka meskipun terus diikuti hampir secara eksklusif oleh pengikut Hanafi sekolah sementara pengikut Syafi'i dan Maliki sekolah dalam kerajaan mengikuti sekolah Asy'ari dan Athari pemikiran. Dengan demikian, dimanapun dapat ditemukan Hanafi pengikut, ada dapat ditemukan keyakinan Maturidi.
    • Maturidis berpendapat bahwa pengetahuan tentang keberadaan Tuhan dapat diturunkan melalui akal murni.

[ sunting ] Sunni pandangan hadits

Para Masjid Uqba juga dikenal sebagai Masjid Agung Kairouan adalah, khususnya selama, abad kesembilan kesepuluh dan kesebelas, pusat penting belajar Islam dengan penekanan Maliki. [12] Para Masjid Uqba terletak di kota Kairouan di Tunisia .
Al Qur'an seperti yang ada sekarang dalam bentuk buku yang disusun oleh sahabat Muhammad ( Sahabat ) di sekitar 650 CE, dan diterima oleh semua denominasi Muslim. Namun, ada banyak hal keyakinan dan kehidupan sehari-hari yang tidak secara langsung ditentukan dalam Al Qur'an, namun tindakan yang diamati oleh Muhammad dan masyarakat Muslim awal. Kemudian generasi mencari tradisi lisan tentang sejarah awal Islam, dan praktek Muhammad dan pengikut pertamanya, dan menulis mereka turun sehingga mereka bisa dipertahankan. Tradisi lisan ini dicatat disebut hadis . Cendekiawan Muslim telah melalui usia disaring melalui hadits dan dievaluasi rantai narasi dari setiap tradisi, meneliti kepercayaan dari para perawi dan menilai kekuatan masing-masing hadits yang sesuai.
Kebanyakan Muslim Sunni menerima koleksi hadis Bukhari dan Muslim sebagai yang paling otentik ( sahih , atau benar), dan sementara menerima semua hadits sebagai otentik diverifikasi, status hibah sedikit lebih rendah untuk koleksi perekam lainnya. Namun demikian, empat koleksi hadits lainnya yang juga diadakan di hormat khususnya oleh Muslim Sunni, membuat total enam:
Ada juga koleksi lainnya dari hadits yang juga mengandung banyak hadits otentik dan sering digunakan oleh para sarjana dan spesialis. Contoh koleksi ini mencakup:

[ sunting ] Lihat juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar